Tak Berkategori

Dosen Pendidikan IPA FKIP UPS Lakukan Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Digital pada Guru SMP Kota Tegal

Tegal – Dosen Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididikan (FKIP) Universitas Pancasakti Tegal (UPS) melakukan pengabadian masyarakat dalam bentuk kegiatan Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Digital yang bekerjasama dengan MGMP Guru SMP IPA Kota Tegal yang dilaksanakan di sekolah Global Inbyra School (GIS) kota Tegal Sabtu 23 Juli 2022.

Pengabdian masyarakat ini menitik beratkan pada kegiatan Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Digital dengan peserta 30 orang guru IPA dari berbagai sekolah SMP Negeri atau Swasta yang ada di Kota Tegal. Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama antara Program Studi Pendidikan IPA FKIP UPS dengan MGMP Guru IPA Kota Tegal.

Ketua MGMP IPA SMP Kota Tegal Bapak Marsono, S.Pd., M.M dalam sambutanya menyampaikan MGMP IPA SMP Kota Tegal mempunyai harapan bahwa setiap kegiatan MGMP harus ada kebermanfaatan yang didapatkan oleh guru IPA SMP Kota Tegal terutama dalam pengembangan profesionalisme sebagai Guru IPA. “harapanya ada luaran dari para guru setelah melakukan kegiatan workshop pengembangan media pembelajaran digital yang diadakan oleh Dosen Pendidikan IPA FKIP UPS, dimana guru IPA dapat pengalaman baru, ilmu baru dan karya baru dalam mendukung proses pembelajaran IPA di sekolah” ungkapnya.

Ketua Program Studi Pendidikan IPA Mohammad Aji Fatkhurrohman, M.Pd dalam sambutanya menyampaikan bahwa Prodi Pendidikan IPA selalu berupaya memberikan peran aktif kepada masyarakat terutama guru IPA SMP Kota Tegal, salahsatunya dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk guru IPA SMP. “Dosen Pendidikan IPA FKIP UPS siap memberikan kontribusi untuk kemajuan guru IPA SMP Kota Tegal, dan harapanya tidak berhenti dalam workshop ini saja, tapi dapat dilanjutkan kolaboratif penilitian, pembuatan Modul atau buku, atau dalam karya ilmiah” ungkapnya.

Narasumber kegiatan pengabdian masayarakan dosen IPA FKIP UPS ini adalah M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd; Fahmi Fatkhomi, M.Pd dan Bayu Widiyanto, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan secara Luring terbagi dari beberapa pertemuan 4 hari, yaitu sabtu pemberian materi, minggu, senin dan selasa berupa praktek pembuatan produk media dimana setiap pertemuan 8 JP. Sehingga kegiatan workshop pengembangan media pembelajaran digital ini secara total dilaksanakan sejumlah 32 JP. Luaran kegiatan Workshop ini berupa produk dari setiap materi yang disampaikan oleh tiap narasumber, dan peserta guru mendapatkan sertifikat workshop yang memuat 32 JP. (Fah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.